SlideShow

2

Pengertian Bandwith, ISP dan FTP



Pengertian Bandwidth Bandwidth adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluraninformasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalamsatuan waktu detik.Dikenal juga dengan perbedaan atau interval, antara batas teratas dan terbawah dari suatufrekuensi gelombang transmisi dalam suatu kanal komunikasi.
Satuan yang digunakanHertz untuk sirkuit analog dan detik dalam satuan digital.Jalur lebar analog diukur dalam unit Hertz (Hz) atau kitaran second. Jalur lebar digitalpula merujuk kepada jumlah atau volume data yang dilewatkan melalui satu salurankomunikasi yang diukur dalam unit bit per second (bps) tanpa melibatkan gangguan.Istilah lebar jalur (bandwith) sepatutnya tidak dikelirukan dengan istilah jalur (band),seperti pada telepon tanpa kabel, contohnya beroperasi pada jalur 800MMHz. Lebar jalur ialah ruang yang digunakan pada jalur tersebut.
Dalam komunikasi tanpa wayar, ukuran atau lebar jalur salurannya memberi kesan kepada transmisi. Sejumlah data yangmengalir melalui satu saluran sempit mengambil masa yang lebih lama berbandingsejumlah data yang sama apabila mengalir menerusi satu saluran yang lebih lebar.

Bandwidth itu sendiri ada 2 macam, yaitu
Digital bandwidth dan Analog Bandwidth
.Pertama yang dimaksud dengan
Digital Bandwidth
adalah jumlah atau volume data yang dapat dikirimkan me distorsi. Sedangkan
Analog Bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendahdengan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuanHertz (Hz) atau siklus per detik, yang menentukan berapa banyak informasi yang bisaditransimisikan dalam satu saat.Segala nemtuk peralatan untuk melaksanakan proses modulasi disebut modulator,sedangkan peralatan untuk memperoleh informasi informasi awal (kebalikan dari dariproses modulasi) disebut demodulator dan peralatan yang melaksanakan kedua prosestersebut disebut modemlalui sebuah saluran komunikasi dalam satuan bits per second tanpa.


Internet service provider(disingkat I S P) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan teleponm merupakan penyelenggara jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga
pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke
jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem , sewa kabel, dan jalur lebar),radio, maupun VSAT.



FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. FTP terdiri dari sebuah client dan sebuah server yang merupakan aplikasi yang memberikan akses /pertukaran transfer data antara dua komputer ( client dan server ). Transfer yang file/ data ini dapat teradi antara komputer yang berbentuk mainframe dan sebuah komputer di jaringan lokal. Atau transfer data dapat terjadi dari komputer kita ke server FTP melalui internet. FTP merupakan aplikasi yang sangat berguna ( powerful) karena aplikasi ini menyediakan akses kepada pengunjung atau user untuk mengakses data yang tersimpan pada server tersebut, dan dapat diakses oleh sejumlah besar komputer secara bersamaan.

Sumber : http://www.scribd.com dan http://yusana.wordpress.com

2 komentar:

andrie way kanan
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
andrie way kanan

gan, tolong pencerahannya.
Jika saya menyewa 1mb ke isp dan saya setting 4pc melalui mikrotik masing2 1mb, apakah masing2 pc tsb mendapatkan 1mb juga.? terima kasih

Posting Komentar