SlideShow

0

Gambaran Psikologis tentang Penggunaan Internet dalam Belajar (Abstraksi)

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berperan penting
dalam memudahkan aktivitas kehidupan manusia, contohnya penggunaan internet.
Teknologi internet dapat dimanfaatkan dalam aktivitas pembelajaran, dimana
pembelajaran seperti ini dikenal dengan istilah e-learning. Di Fakultas Psikologi
USU, salah satu media e-learning yang digunakan adalah blog. E-readiness
mahasiswa tentu diperlukan untuk menjalankan sistem perkuliahan melalui e-
learning berbasis blog tersebut. E-readiness merupakan kesiapan mental atau fisik
untuk terlibat dalam e-learning. Teori e-readiness yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Guglielmino dan Guglielmino
(2003), dimana e-readiness memiliki dua komponen yaitu technical readiness dan
self-directed learning readiness. Masing-masing komponen tersebut terdiri dari
knowledge, attitudes, skills dan habits.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran e-readiness pada
mahasiswa Fakultas Psikologi USU. Alat ukur yang digunakan dalam peneliitan
ini adalah skala e-readiness yang disusun oleh peneliti, dengan jumlah aitem 63
butir dan reliabilitas alpha sebesar 0,947. Jumlah subjek dalam penelitian ini
adalah 108 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-readiness pada mahasiswa
Fakultas Psikologi USU yang tergolong dalam kategori sedang adalah 59 orang
(54,63%), kategori tinggi adalah 48 orang (44.44%), dan kategori rendah adalah
satu orang (0,93%). Secara umum, e-readiness mahasiswa Fakultas Psikologi
USU tergolong dalam kategori sedang.


Sumber : repository.usu.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar